3 Macam Jenis Tas Ransel dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal tas ransel sebagai tas punggung. Hal ini karena tas ransel sendiri pada dasarnya digunakan di punggung dengan memanfaatkan dua tali strap yang dihubungkan ke bagian depan. Penggunaan tali tersebut diperlukan sebagai pengikat tas.

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri tas ransel yang bagaimana yang tepat untuk dimiliki? Agar tas tersebut sesuai dengan kebutuhan kita, pastinya kita juga dituntut untuk mengenal jenis tas ransel beserta fungsinya bukan?

Bila jenis tas ransel yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan maka tas ransel tersebut juga akan memberikan manfaat kepada diri kita. Bila melihat sejarahnya, dahulu tas ransel tidak memiliki beragam motif ataupun style. Tetapi seiring berkembangnya zaman, tas punggung ini menjadi lebih bervariasi. Bahkan tas yang kini sedang digandrungi oleh banyak kalangan tersebut juga memiliki beragam fungsi lho.

Fungsi dan Jenis Tas Ransel

Berikut adalah macam-macam jenis tas ransel lengkap dengan fungsinya dalam kehidupan kita sehari-hari:

1. Jenis tas ransel backpack dan fungsinya

Tas yang satu ini merupakan salah satu jenis dari tas ransel yang menggunakan resleting sebagai penutup saku. Tahukah Anda, pada awalnya tas ransel ini tidak diproduksi dengan sisi penutup. Namun seiring perkembangan zaman maka manusia mulai menciptakan penutup resleting dan pembuka kompartemen di tas tersebut.
Singkatnya, kata backpack yang merujuk pada tas yang satu ini masih menjadi kata umum. Beberapa tas yang masih ke dalam tas backpack ialah tas laptop dan tas kantor.

2. Jenis tas ransel rucksack dan kegunaannya

Jenis kedua yaitu tas rucksack. Secara garis besar, tas yang satu ini tidak banyak berbeda dengan tas sebelumnya yaitu tas ransel backpack. Perbedaannya terletak pada penutup kompartemen tas. Penutup tas tersebut menggunakan tali serut yang ditarik agar bagian atas tas tertutup dengan sempurna.

Dahulu, tas rucksack tersebut pertama kali digunakan oleh orang-orang militer. Mereka menggunakan tas tersebut untuk membawa perbekalan ke medan perang karena lebih praktis. Saat ini tas ransel rucksack disukai oleh kalangan mahasiswa serta para remaja.

3. Jenis tas ransel carrier dan fungsinya

Carrier adalah jenis dari tas ransel selanjutnya yang hingga kini populer di kalangan pecinta alam maupun pendaki gunung. Tas ransel yang satu ini bisa dibilang merupakan tas punggung yang ukurannya lebih besar dari ukuran tas pada umumnya. Ukurannya mulai 40 L hingga ratusan L. Salah satu ciri khas dari ransel carrier ialah bagian sakunya yang terlihat lebih banyak terutama di luar kompartemen tas.

Jenis jahitan dari tas ini juga lebih rapat dan bahkan berulang-ulang di beberapa sudut. Hal tersebut wajar saja mengingat ransel ini sering digunakan untuk membawa barang berat untuk hiking maupun traveling.

Jadi, setiap jenis tas ransel bisa dipastikan memiliki fungsi yang berbeda ya. Dengan demikian kita juga harus lebih cermat dalam memilih tas ransel agar serasi dengan kebutuhan kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *